PASTA GIGI PEPSODENT
1. Pengelompokan produk :
a. Merek : pepsodent
b. Jenis : pasta gigi
c. Produk : PT. Unilever Indonesia Tbk
d. Penempatan : kamar mandi
e. Kegunaan : untuk membersihkan gigi dari sisa makanan, kuman, dan membuat harum mulut.
2. Merk ; Unilever mengambil merek pepsodent sebagai merek individual untuk kategori pasta gigi.
3. Merk : pepsodent adalah merek pasta gigi internasional yang di keluarkan oleh Unilever
Langkah / Tahap Dalam Daur Hidup Produk (Product Life Cycle)
1. Tahap Perkenalan / Introduction
Pada tahap ini produk baru lahir dan belum ada target konsumen yang tahu sehingga dibutuhkan pengenalan produk dengan berbagai cara kepada target pasar dengan berbagai cara.Perkenalan(promosi). Pada tahap ini, pepsodent melakukan promosi di media elektronik yang berupa iklan dan media cetak yang berupa iklan di Koran, majalah, spanduk.
2. Tahap pertumbuhan
Ketika berada pada tahap tumbuh, konsumen mulai
mengenal produk yang perusahaan buat dengan jumlah penjualan dan laba yang
meningkat pesat dibarengi dengan promosi yang kuat. Akan semakin banyak penjual
dan distributor yang turut terlibat untuk ikut mengambil keuntungan dari
besarnya animo permintaan pasar. Pertumbuhan(distribusi). Pertumbuhan peprodent di masyarakat
terus mengalami peningkatan. Meski sekarang telah banyak beredar pasta gigi
lain, tapi pepsodent tetap stabil. Pendistribusian pepsodent juga sangat
meluas.
Varian dari produk Pepsodent
Varian dari produk Pepsodent
Pada saat sekarang ini, Pepsodent tidak hanya
memasarkan produk pasta gigi saja.Terdapat beberapa produk baru
dari Pepsodent, seperti toothbrush dan mouthwash. Dengan semua inovasi
baru ini, Pepsodent mencakup seluruh jangkauan perawatan kesehatan mulut para
konsumennya
3.
Tahap Kedewasaan
Di
tahap dewasa produk perusahaan mengalami titik jenuh dengan ditandai dengan
tidak bertambahnya konsumen yang ada sehingga angka penjualan tetap dititik
tertentu dan jumlah keuntungan yang menurun serta penjualan cenderunh akan
turun jika tidak dibarengi dengan melakukan straegi untuk menarik perhatian
konsumen dan para pedagang, Karena sudah banyak pesainh, para pedagang mulai
meningalkan persaingan dan yang baru tidak akan banyak terlibat karena jumlah
konsumen yang tetap dan cenderung turun. Pendewasaan harga yang di keluarkan
oleh produsen sangat terjangkau oleh masyrakat. Di Indonesia , Pepsodent White
Now tersedia dalam 100gr dengan kisaran harga jual RP 15.000,- di toko toko di
semua kota besar. Pepsodent White Now hadir melengkapi rangkaian produk
Pepsodent lainnya yaitu Pepsodent Complete 8, Pepsodent Gum Care , Pepsodent
Herbal, Pepsodent Sensitive, Pepsodent Whitening ,dan Pepsodent Center Fresh
dan merupakan bentuk komitmen Pepsodent untuk selalu berinovasi dan tidak hanya
memberikan kebutuhan dasar pelindungan gigi.
4. Tahap Penurunan
Pada kondisi decline produk perusahaan mulai
ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain sehingga jumlah penjualan
dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau
perlahan tapi pasti dan akhirnya mati. Kemunduran produk
sampai saat
ini pepsodent belum mengalami kemunduran yang sangat berarti. Untuk mencegah
itu semua, pepsodent telah mengeluarkan berbagai variasi ukuran maupun rasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar