Minggu, 03 Mei 2015

SIKLUS HIDUP PEPSODENT

PASTA GIGI PEPSODENT

1. Pengelompokan produk :

a. Merek 
         : pepsodent
b. Jenis 
           : pasta gigi
c. Produk 
        : PT. Unilever Indonesia Tbk
d. Penempatan : kamar mandi
e. Kegunaan 
   : untuk membersihkan gigi dari sisa makanan, kuman, dan membuat harum mulut.
2. Merk
 ; Unilever mengambil merek pepsodent sebagai merek individual untuk kategori pasta gigi.
3. Merk
 : pepsodent adalah merek pasta gigi internasional yang di keluarkan oleh Unilever
Langkah / Tahap Dalam Daur Hidup Produk (Product Life Cycle)

1. Tahap Perkenalan / Introduction
Pada tahap ini produk baru lahir dan belum ada target konsumen yang tahu sehingga dibutuhkan pengenalan produk dengan berbagai cara kepada target pasar dengan berbagai cara.Perkenalan(promosi)
Pada tahap ini, pepsodent melakukan promosi di media elektronik yang berupa iklan dan media cetak yang berupa iklan di Koran, majalah, spanduk.

2. Tahap pertumbuhan

Ketika berada pada tahap tumbuh, konsumen mulai mengenal produk yang perusahaan buat dengan jumlah penjualan dan laba yang meningkat pesat dibarengi dengan promosi yang kuat. Akan semakin banyak penjual dan distributor yang turut terlibat untuk ikut mengambil keuntungan dari besarnya animo permintaan pasar. Pertumbuhan(distribusi)Pertumbuhan peprodent di masyarakat terus mengalami peningkatan. Meski sekarang telah banyak beredar pasta gigi lain, tapi pepsodent tetap stabil. Pendistribusian pepsodent juga sangat meluas.
Varian dari produk Pepsodent
Pada saat sekarang ini, Pepsodent tidak hanya memasarkan produk pasta gigi saja.Terdapat beberapa produk baru dari Pepsodent, seperti toothbrush dan mouthwash. Dengan semua inovasi baru ini, Pepsodent mencakup seluruh jangkauan perawatan kesehatan mulut para konsumennya

3. Tahap Kedewasaan
Di tahap dewasa produk perusahaan mengalami titik jenuh dengan ditandai dengan tidak bertambahnya konsumen yang ada sehingga angka penjualan tetap dititik tertentu dan jumlah keuntungan yang menurun serta penjualan cenderunh akan turun jika tidak dibarengi dengan melakukan straegi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang, Karena sudah banyak pesainh, para pedagang mulai meningalkan persaingan dan yang baru tidak akan banyak terlibat karena jumlah konsumen yang tetap dan cenderung turun. Pendewasaan harga yang di keluarkan oleh produsen sangat terjangkau oleh masyrakat. Di Indonesia , Pepsodent White Now tersedia dalam 100gr dengan kisaran harga jual RP 15.000,- di toko toko di semua kota besar. Pepsodent White Now hadir melengkapi rangkaian produk Pepsodent lainnya yaitu Pepsodent Complete 8, Pepsodent Gum Care , Pepsodent Herbal, Pepsodent Sensitive, Pepsodent Whitening ,dan Pepsodent Center Fresh dan merupakan bentuk komitmen Pepsodent untuk selalu berinovasi dan tidak hanya memberikan kebutuhan dasar pelindungan gigi.

4. Tahap Penurunan
Pada kondisi decline produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain sehingga jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati. Kemunduran produk sampai saat ini pepsodent belum mengalami kemunduran yang sangat berarti. Untuk mencegah itu semua, pepsodent telah mengeluarkan berbagai variasi ukuran maupun rasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar